Sabtu, 06 Juni 2015

Kabar Penempatan

Pada hari Rabu, tanggal 20 Mei 2015 apa yang dinanti-nanti akhirnya datang juga: penempatan. Datang di saat yang tidak diduga-duga dan menampilkan hasil yang juga demikian. Pada akhirnya, kami hanya bisa berdoa dan berencana, semua keputusan tetap berada di tangan atasan. Pada sore hari itu, saya ingat betul bagaimana saya berulang kali, berulang-ulang kali, membaca nama saya di lampiran keputusan tersebut dan tempat baru saya nantinya. Semakin saya membacanya, semakin sakit rasanya. Entah mengapa... Ini yang tertera di sana: "Bagian Kepegawaian Kantor Pusat Direktorat Jenderal Pajak".

Pada awalnya, saya merasa sangat down dengan ini. Ego saya sebagai manusia yang mengharapkan tempat terbaik untuk mengembangkan diri tidak tercapai. Penempatan di Bagian Kepegawaian sudah pasti menjanjikan kesibukan yang intens dengan pekerjaan yang bersifat klerikal dan monoton, yang mohon maaf, saja tidak begitu cocok dengan minat dan bakat saya. Rasanya, perjuangan saya selama di kampus tidak menghasilkan apa-apa. Pribadi saya yang kompetitif memperburuk gejolak ini. Dalam situasi itu, saya banyak berpikir yang tidak-tidak. Apalagi saat melihat teman-teman saya di kampus yang effort-nya "biasa-biasa" saja, namun pada saat penempatan justru memperoleh tempat yang lebih menantang. Entahlah. Nasib memang kadang tidak dapat diprediksi seperti itu. 

Selalu ada hikmah atas apa yang terjadi dalam hidupmu. Namun untuk ini, apa? Saya terus bertanya-tanya dalam hati. Rasanya semuanya tidak masuk di akal. Kau tidak membeli Ferrari untuk dipergunakan sebagai Toyota, bukan?

Saya mencoba sabar dan sebisa mungkin menghalau setiap pikiran seperti ini. Tetap yakin pada kehendak Yang Maha Kuasa. Berusaha tetap tersenyum, meski di dalam sana betul-betul kecewa.

***

Satu minggu, dua minggu bekerja... Akhirnya pada tanggal 3 Juni 2015 terbitlah surat keputusan penempatan kami ke eselon IV masing-masing. Saya ditempatkan di Subbagian Administrasi Pengembangan Kapasitas yang disingkat Subbag APK. Dari namanya saja, tentu sudah terbayang tugas dan fungsinya. Subbag APK bekerja dalam urusan administrasi tugas belajar, izin belajar di luar kedinasan, shortcourses, beasiswa, dan diklat-diklat. Sedikit cahaya harapan pun mulai datang: BEASISWA~!

Ya, beasiswa! Dari sana saya akan memperoleh informasi yang memadai tentang bagaimana mendaftar beasiswa, persyaratan-persyaratan administrasinya, serta pengalaman langsung di lapangan dalam mengurusi pelaksanaan seleksi beasiswa tersebut. Saya sangat terhibur dengan ini. Beberapa kekecawaan yang berakar di hati kemudian terangkat dan langkah saya pun menjadi ringan kembali. Alhamdulillah.

DUA TAHUN lagi, insya Allah. Saya akan menjadi peserta ujian seleksi beasiswa tersebut. Kemudian saya akan lulus dan segera melanjutkan jenjang pendidikan magister ke luar negeri. Sementara itu, saya harus betul-betul menekuni pekerjaan saya di Subbag APK, ikhlas melayani pegawai pagi sampai petang, sembari mempersiapkan segalanya hingga kesempatan emas itu tiba. 

Mohon doanya, teman-teman. Wassalam.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar